5 Tips Cara Memelihara Ikan Koi – Terbukti Berhasil

Memiliki kolam dengan ikan KOI yang warna warni dan jinak, tentu sudah terbayang sangat menyenangkan. Namun demikian, memelihara ikan Koi di kolam rumah memiliki tantangan tersendiri yang perlu dipelajari.

Tantangan Memelihara Ikan KOI

Memelihara ikan koi memang bagi sebagian orang dibilang sulit, padahal untuk mereka yang sudah pengalaman tentu akan mengatakan memelihara ikan koi dirumah menyenangkan. Untuk Memelihara Ikan Koi sehingga ikan sehat terus dan kolam terjaga bersih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 5 Tips Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah yang terbukti berhasil !

5 Tips Cara Memelihara ikan KOI

1. Kolam dan Sistem Filter yang Memadai

Kolam adalah tempat hidup ikan koi maka dari itu, penting untuk menjaga kondisi habitat ikan koi tersebut. Saking penting menjaga kondisi air, banyak pakar ikan Koi bilang memelihara ikan Koi adalah memelihara air. Kalo kualitas air terjaga tentu ikan KOI akan terpelihara dengan baik dan sehat.

Ukuran Kolam Ikan KOI

Kolam untuk kolam koi rumahan di lahan kecil sebetulnya bisa saja, tidak ada patokan khusus, namun diusahakan lebar kolam tidak terlalu sempit sehingga ikan bisa bergerak leluasa di kolam. Untuk kedalaman air kolam disarankan minimal 50 cm. Kalau kondisi memungkinkan, kedalaman air lebih dalam tentu akan lebih baik untuk ikan KOI. beberapa pehobi koi yang cukup serius bahkan memiliki kolam dengan kedalaman air 1.5 sd. 2 m.

Sistem Filter Kolam yang Memadai

Memelihara ikan koi adalah memeilhara air. Menjaga kualitas air bisa dibilang salah satu Faktor utama dalam memelihara ikan KOI. Sistem yang menjaga kualitas air tetap aman untuk koi hidup adalah Sistem Filter. Sistem filter terdiri dari Alat Filter dan Pompa resirkulasi yang memompa air kolam non stop menuju filter kolam. Filter kolam terdiri dari penyaring kotoran halus dan filter Biologis untuk mengurai racun ammonia dari sisa proses pencernaan dan sekresi ikan koi.

Keseimbangan antara volume kolam, debit pompa kolam dan alat filter kolam menentukan keberhasilan anda dalam memelihara ikan koi di kolam rumah anda. Jadi pastikan anda sudah memiliki pompa kolam dan alat filter kolam yang cukup mumpuni untuk kolam Anda

Pelajari juga:
Filter Kolam Trickle Filter – Siap Pakai

2. Pastikan Hanya Membeli Ikan yang Sehat

Pastikan anda membeli ikan dari penjual yang terpercaya dan memiliki pengalaman khususnya dalam menangani ikan KOI dan punya fasilitas untuk Karantina Ikan Koi. Memelihara ikan koi yang sehat akan menyenangkan dan mudah. Biasanya ikan sehat hanya perlu waktu beberapa hari untuk menyesuaikan diri dengan kolam baru.
Jangan tergiur ikan murah dari penjual yang anda tidak percaya pengalaman nya menangani ikan KOI. Karena ikan yang bawa penyakit akan sangat merepotkan.

3. Batasi Populasi Ikan di Kolam

Hal yang sering menjadi awal menurun nya kondisi air di kolam adalah populasi ikan di kolam yang terlalu banyak dibandingkan dengan volume kolam dan filter nya (over-populasi). Semakin banyak ikan, membuat level ammonia meningkat dan lama-lama akan meracuni kolam. Saran saya jangan terburu nafsu untuk menambah ikan kalo sistem filter dan volume kolam nya sudah terbatas.

Sebagai patokan kepadatan populasi normal kolam ikan dengan volume 1 m³ (1000 liter) bisa dihuni oleh 5 ekor ikan ukuran 35 cm-an. Kalo ikan nya kecil-kecil misalnya 20 cm-an bisa muat 20 ekor. Tapi perlu diingat ikan koi tumbuh nya lumayan cepat. Jadi pikirkan ke depan nya ikan yang 20 cm-an akan jadi 35 cm kurang dari satu tahun.

4. Batasi pemberian pakan

Kalo kolam anda sudah hampir over-populasi, tentu disarankan untuk mengurangi populasi ikan atau menambah filter. Namun yang perlu Anda saat ini juga lakukan adalah membatasi pakan nya. Kalo anda paksa memberi makan dengan jumlah normal, ini akan berakibat pada ammonia yang meningkat. kondisi ini bisa jadi awal dari bahaya ikan sakit bahkan mati.

Jumlah porsi makan dibatasi oleh kapasitas sistem filter kolam, jadi meskipun ikan banyak ,kita membatasi hanya jumlah yang bisa di proses oleh filter nya. Misalnya kolam anda 1,5 m3 dengan Filter Kolam tipe Trickle Filter Kecil – pakan yang disarankan 100 gram/hari. Jadi kalo ikan anda banyak tetep pakan jangan lebih dari 100 gram/hari, sesuaikan dengan kapasitas filter kolam nya.

5. Pemeliharaan Rutin Filter & Air Kolam

Penggantian / Penambahan Air

Bagaimanapun anda sudah memiliki filter yang memadai, disarankan anda melakukan penambahan air di kolam. penggantian air dilakukan 10 sd. 20% dari volume kolam dengan frekwensi dua minggu atau sebulan sekali. Hal ini akan dengan cepat meningkatkan kualitas air kolam, menurunkan level ammonia di kolam, sehingga ikan koi anda bisa merasa lebih segar di kolam. Kalo kolam Koi Anda terbuka dan masuk air hujan, maka penambahan air bisa dikurangi, karena sudah ditambah secara alami oleh air hujan yang masuk ke kolam tsb.

Pencucian Media Filter

Lakukan pencucian media filter, terutama media filter mekanis. Lakukan pembersihan media filter Dakron Blok 2-3 bulan sekali, atau kalo dirasa perlu bisa sebulan sekali.
Lakukan juga puasa 1-2 hari lakukan 2 minggu atau sebulan sekali. hal ini akan menurunkan level ammonia di kolam, sehingga ikan koi anda bisa merasa lebih segar di kolam.

Tips tambahan
Ada bagusnya juga Anda menguasai secara umum tentang kesehatan ikan dan pengobatan dasar untuk ikan KOI. Silakan pelajari artikel artikel berikut:
Gejala dan Tanda Ikan KOI Sakit
Penanganan Pertama Untuk KOI Baca Ini sebelum memberikan Obat Untuk Ikan Koi
Cara Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

 

Artikel Terkait

    Tulis Komentar Anda

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>