Mengenali Gejala Koi Sakit

Gejala dan Tanda Ikan Koi Sakit

Seperti halnya manusia, ikan koi pun menunjukan gejala dan tanda ikan koi sakit ketika kondisi tubuhnya mengalami gangguan. Sebagai pemelihara ikan koi sangat bermanfaat apabila kita mengenali gejala gejala pada perilaku maupun tanda tanda pada fisik koi sebagai peringatan awal kondisi kesehatan koi. Dengan mengenali gejala gejala pada koi kita bisa sesegera mungkin melakukan penanganan sebelum menjadi penyakit yang membahayakan seluruh isi kolam. Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering terlihat ketika kondisi tubuh ikan koi mengalami gangguan:

1. Perubahan sekujur tubuh

Perubahan pada permukaan tubuh misalnya timbulnya bercak-bercak merah, munculnya lendir yang berlebihan atau sebaliknya ikan terasa sangat kering dan kasar. Wajah ikan juga terlihat lesu dan tidak segar. Bibir ikan kemerahan, diikuti dengan merah di pangkal sirip ini adalah gejala dan tanda ikan koi sakit, yang umum dan sering ditemui. Untungnya ini adalah tanda awal saja, bisa jadi kondisi ini belum parah.

2. Ikan Koi Memisahkan Diri dan Diam

Koi yang sehat akan berenang riang gembira mengelilingi kolam. Bila kita temukan koi yang menyendiri di sudut kolam dan tidak mau bergabung dengan kelompoknya, kita harus mulai curiga bahwa koi tersebut menderita sakit. Bila hanya sesekali saja seekor koi meninggalkan kelompoknya kemudian balik lagi bergabung, maka hal tersebut biasa dan tidak perlu dicurigai sebagai ikan yang sakit. Amati ikan tersebut dan perhatikan apakah terjadi gejala-gejala lain yang terlihat.

3. Ikan Koi Megap megap di Permukaan Kolam

Biasanya koi yang sehat akan bernapas dengan teratur, tenang dan seirama dengan gerakannya. Koi yang sakit akan bernapas dengan cepat dan mengesankan megap-megap. Gerakan mereka sudah tampak tidak serasi, dan sering terlihat di permukaan air. Gejala ini adalah gejala karena suplai oksigen kurang. Hal ini terjadi karena fungsi sistem pernapasan ikan terganggu. Oleh karena itu jika ada gerakan koi yang seperti ini, kita sudah harus curiga, terlebih jika melihat koi bernapas dengan mulutnya terbuka lebar.

Jika semua ikan megap-megap di permukaan kolam, perlu dicurigai bahwa ini gejala kadar oksigen di kolam rendah. Untuk mengatasi nya Anda bisa menambah aerator, air terjun dan aplikasikan Trickle Filter.

4. Diam di dasar Kolam dengan sirip dada tertutup sebelah

Koi yang sehat umumnya akan aktif bergerak kian kemari bersama kelompoknya. Koi yang sakit akan berdiam diri di dasar kolam dengan posisi sirip dada tertutup sebelah. Gejala sirip yang menutup ini terjadi secara terus menerus baik siang maupun malam. Sirip dada yang tertutup sebelah bisa juga terjadi sebagai reaksi ikan karena kadar ammonia dalam air tinggi. Untuk mengatasi gejala awal ini, Anda bisa melakukan ganti air sebanyak 50% dan stop dulu makan selama 1 sd. 2 hari. Jangan ragu untuk stop makan, karena hal ini ga akan masalah untuk ikan. Kalo memang diperlukan (misalkan saat pengobatan, ikan bisa tahan ga makan sd. 8 hari)

5. Tidak nafsu makan

Koi yang sehat akan memburu dengan sigap makanan yang disodorkan dan berebut sesama kawannya. Namun koi yang sakit tidak akan ikut bereaksi. Bila gejala ini terjadi dengan gejala lain maka Anda perlu melakukan pemantauan lebih terhadap ikan tersebut.

Apa Yang Harus Dilakukan Selanjutnya ?

Setelah menilai ada yang salah dengan Ikan KOI Anda, maka saat nya mengambil tindakan nyata ! Sabar, jangan langsung kasi obat. Penting untuk diketahui penyebabnya apa, sehingga kita bisa mengatasi problem dengan tepat. Untuk mengatasi kondisi ikan koi yang menunjukkan gejala dan tanda ikan koi sakit, silakan dipelajari lengkap di dua artikel berikut:

Prosedur Pertama Apabila Terjadi Gejala Sakit Pada Ikan Koi

Cara Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

Artikel Terkait

19 Responses to “Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi”

  1. Nanang Hardiyanto

    Aq udah cb campurin peletx koi sm bawang putih , wortel & kuning telur om hasilx klo kuliat sih jdi ganas makanx

    Balas
    • Solusi Kolam

      Ahahaa..mungkin karena kuning telor om meningkatkan stamina koi ny..bisa dicoba buat rekan2 lain 😀

      Balas
  2. joseph

    Ada yg membingungkan saya mengenai dosis IPB yg katanya 50 gram per i00 ml air kan artinya 50 gram per 0.1 liter Banyak sekali Apa bukan 50 gram per 100 l air

    Balas
  3. erwinanto

    saya ingin mencoba dulu dirumah,soalnya kolam ikan sering ada busa dan akhirnya pasti ada ikan yang mati..

    Balas
  4. agus sp

    Pak Boss, mohon saran…

    Ikan koi saya belakangan (masuk pergantian musim) terkena penyakit, dgn gejala suka “salto” dan meloncat.

    Saya sdh gunakan demilin, redmilin namunblm ada hasilnya.
    Mohon saran dan petunjuk.

    Trims & wass

    Agus sp

    Balas
    • Solusi Kolam

      Pergantian musim secara umum ga masalah pak. Yang bermasalah tu di ikannya, mungkin kena penyakit. obat nya tergantung penyakit dan dosis harus tepat. Kalo perlu dosis pengobatan silakan irim email ke solusikolam@yahoo.com

      Balas
      • mastilla

        Saya mau tanya dong kemarin saya beli ikan koi.saya liat ikan yg baru saya baru beli menyendiri,saya kasih makan tdk mau namun ikan yg lain dikasih makan diserbu.saya melihat ikan tersebut saya ambil & saya kembalikan kepedagangnya.pedagangnya mau menukar dengan koi yg lain. Saya masukan jadi satu dengan ikan koi yg lain trs keesokan harinya ikan yg saya sudah tukar itu mati dan berderet ikan koi saya yg lain jadi mati. Satu persatu ikan koi saya yg sehat itu mati tanpa sebab,ada jg yg badannya kemerahan,badannya berubah jd pucat dan juga tdk mau makan. Saya binggung hrs bagaimana ya?.obat apa yg harus saya kasih agar ikan koi saya kembali sehat?terima kasih tolong kasih sarannya dong

        Balas
  5. Jerry R M Bala

    Terimakasih buat info yg sangat membantu ini. Saran aku, alangkah bagusnya klu cara yg bisa membantu sesama pencinta kolam atau pemelihara ikan koi ini, dipublikasikan contoh bisa dimuat di media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Terimalah

    Balas
  6. herman rutnol

    Betul Sekali itu brooo,sari bawang putih sangat manjur lho,krn itu rutinitas saya.

    Balas
    • Solusi Kolam

      Mantap om, semoga hobi memelihara ikan koi nya makin seru dan menyenangkan 😀

      Balas
  7. alam

    mau tanya kalo bawang putih nya gak d.campur ke pakan tp lngsung ke kolam gimana ya? nisa atau tidak? kalo bisa dosisnya seberapa?

    Balas
  8. mario

    dosis ipb 50gr per 100ml air lalu disemprotkan, itu dismprotkan semua sampe abis ke pelet yg hendak di taburkan dalam artian sekali kasi pakan kah itu dosisnya? atau bole disemprotkan secukupnya per tiap kali pakan???

    Balas
  9. mario

    pembuatan cairan ini apa bisa lgs sekaligus banyak??? lalu disimpan di lemari es misalnya. spy tdk tiap hari buat.

    Balas
    • Solusi Kolam

      Paling mudah beli bubuk bawang putih pak, saat mau bikin baru diencerkan, jadi tidak disimpan basah dan lebih praktis

      Balas
  10. mario

    iya betul juga bubuk ya. tp yg sy msh bingung nih pak, 1 adonan 50gr/100ml air itu apakah disemprotkan habis ke pakan salam 1x pakan atau gimana pak?
    selama ini sy hny semprotkan secukupnya saja, sisanya sy simpan di kulkas, sy pake sampe beberapa hari gitu baru abis.

    Balas
  11. Solusi Kolam

    Jangan khawatir, pak. Ikan koi ga makan 1 minggu pun ga akan mati kelaparan. KOI belum mau makan karena kondisi yang baru, nanti kalo sudah nyaman dia akan bersemangat. Kalo tips dari saya bisa coba pake Bactery Starter, kami juga jual pak kalo perlu, hub aja CS kami mas Adri, beli bactery starter harga nya 50 rb dan 80rb

    Balas

Tulis Komentar Anda

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>