Penggunaan Garam Untuk Pengobatan Ikan KOI

Garam Sebagai Pertolongan Pertama Pada KOI

Bagi Anda yang memiliki kolam ikan, kadang ada yang menyarankan penggunaan garam (garam akuarium) sebagai treatment untuk pengobatan pada ikan. Pengobatan dengan garam sering dianggap sebagai Pertolongan Pertama Pada Gejala Ikan Sakit. Namun demikian apakah Anda sudah mengetahui Dosis dan Cara Pakai Garam untuk pengobatan KOI ? Berikut adalah prosedur penggunaan Garam sebagai pengobatan untuk Ikan KOI:

roy 2

Fungsi Garam Pada Kolam Ikan KOI

Garam berfungsi sebagai antibiotik ringan, berfungsi untuk memperlambat penyebaran penyakit akibat bakteri dan mikro organisme lain. Beberapa kasus serangan-ringan kutu (argullus), anchor worm dan serangan-ringan Jamur, white-spot juga kadang teratasi dengan Treatment Garam.

Cara Pengobatan Kolam Ikan KOI dengan Garam

Prosedur treatment garam untuk pengobatan adalah sbb:

Dosis pemakaian garam untuk pengobatan adalah 3-5 kg/1000 liter (1 M³). Caranya larutkan garam dalam ember kocek sampai garam larut, lalu tuang ke kolam secara perlahan. Lakukan sekali saja, treatment ini berlangsung selama 1-2 minggu. Selama masa Treatment Garam ini jangan ganti air. Selama masa pengobatan kurangi makan sampai ½ sd. ¼ porsi makan normal.

Setelah masa pengobatan dianggap selesai (1-2 minggu kemudian) ganti air kolam bertahap 50% beberapa kali selang 2-3 hari untuk menghilangkan kandungan garam.

*Dosis penggunaan ini bukan berdasarkan penelitian, tapi hasil pengalaman memelihara KOI jadi kalo ada referensi yg lebih akurat silakan dipake.

**Anda dengan sadar menerima bahwa semua resiko adalah dalam tanggungjawab masing2 user.

Semoga ikannya lekas sembuh dan fit kembali :D

Kunjungi web n like fb page kami:

www.solusikolam.com

www.facebook.com/solusikolam


Artikel Terkait


One Response to “Penggunaan Garam Untuk Pengobatan Ikan KOI”

  1. Praeko

    Bagaimana caranya membuat ikan Koi berani dilihat, punya saya kok ngumpet terus di kolong kolam. Nuwun

    Reply

Tulis Komentar Anda