Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi

Manfaat Bawang Putih Untuk KOI

Siapa sangka jika bawang putih dapat menjadi tonik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi terhadap penyakit. Bawang putih sudah dikenal sebagai antibiotik alami untuk penyakit manusia. Namun bawang putih untuk ikan koi dapat dimanfaatkan untuk pencegahan penyakit pada ikan hias khas kolam tersebut. Konon penggunaan bawang putih telah dilakukan oleh para pembudidaya tambak udang yang ada di lampung (TROBOS, 01 April 2007).

Bawang putih telah diketahui sebagai tanaman obat yang bisa menangkal/menyembuhkan banyak penyakit. Seperti halnya TBC, influenza, antidiabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati luka bakar, rematik, mencegah keracunan hati, antikolesterol, dan sebagainya. Bahkan juga berkasiat mencegah penyakit kanker.

Sehingga masuk akal jika bawang putih juga dapat dijadikan sebagai antibiotik alami bagi hewan atau ikan KOI. Bahan atau kandungan dalam bawang putih yang disebut allicin mampu secara efektif membunuh kuman atau bakteri. Disamping itu bawang putih juga mengandung sativine yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan.

 KHV vs Bawang Putih

Salah satu penyakit koi yang cukup mematikan adalah Koi Herpes Virus (KHV). Penyakit ini bersifat akut dan ganas serta dapat menyebabkan kematian ikan secara massal dalam waktu yang relatif singkat.

Ternyata ikan-ikan koinya mati akibat penyakit KHV yang disebabkan virus. Ironisnya penyakit ini belum ada obatnya dan penanggulangannya hanyalah dengan mencegah.

Untunglah, uji coba yang dilakukan di IPB kemudian menunjukan bahwa menggunakan bawang putih untuk meningkatkan daya tahan ikan kesayangannya terhadap penyakit KHV. Caranya adalah dengan  membuat formula pakan tonik bawang putih untuk ikan koi, dengan mencampurkan sari bawang putih pada makanan koi.

Ternyata pakan tonik bawang putih untuk ikan koi tersebut terbukti ampuh. Kematian ikan berkurang, malah tampak lebih sehat dari sebelumnya. Air kolam yang sebelumnya dipenuhi busa akibat lendir ikan yang sakit sudah kembali jernih .

 Pembuatan Pakan Bawang Putih Untuk Ikan Koi

Untuk membuat pembuatan pakan bawang putih untuk ikan koi pada dasarnya cukup mudah. Bawang putih yang telah dikupas, dicampur air kemudian diblender. Cairan yang dihasilkan disaring untuk memperoleh sari dan memisahkannya dari ampas.

Untuk takaran atau perbandingan bawang dengan air, berdasarkan hasil penelitian di IPB, idealnya adalah 50 gram/100 ml air sampai dengan 70 gram/100 ml. Jika melebihi ukuran tersebut dikhawatirkan formula ini tidak berkerja dengan efektif.

Setelah itu sari bawang tersebut disemprotkan ke pakan ikan kemudian dianginkan agar menyatu dengan pakan. Setelah kering maka pakan siap diberikan kepada ikan.

Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari jika sudah ada ikan yang terkena sebelumnya. Namun untuk pencegahan cukup 1 kali seminggu. Meskipun demikian untuk frekuensi pemberian pakan ideal, sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Penggunaan pakan ini juga mampu meningkatkan daya tahan ikan terhadap penyakit lainnya. Cukup dengan biaya murah, antibiotik dan tonik alami dapat diracik dengan mudah dengan memanfaatkan bawah putih. Dan ikan koi peliharaan menjadi sehat terhindar dari penyakit.

Untuk pengobatan ikan yang lebih lanjut, selain dari pakan juga bisa dibantu oleh pengobatan ikan melalui treatment di air kolam nya. Salah satu cara pengobatan yang dilakukan di kolam adalah pengobatan Ikan Koi menggunakan Garam. Silakan cek artikel berikut: Penggunaan Garam sebagai obat untuk Ikan KOI

 

0 thoughts on “Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi

  1. Nanang Hardiyanto says:

    Aq udah cb campurin peletx koi sm bawang putih , wortel & kuning telur om hasilx klo kuliat sih jdi ganas makanx

  2. joseph says:

    Ada yg membingungkan saya mengenai dosis IPB yg katanya 50 gram per i00 ml air kan artinya 50 gram per 0.1 liter Banyak sekali Apa bukan 50 gram per 100 l air

  3. agus sp says:

    Pak Boss, mohon saran…

    Ikan koi saya belakangan (masuk pergantian musim) terkena penyakit, dgn gejala suka “salto” dan meloncat.

    Saya sdh gunakan demilin, redmilin namunblm ada hasilnya.
    Mohon saran dan petunjuk.

    Trims & wass

    Agus sp

    • Solusi Kolam says:

      Pergantian musim secara umum ga masalah pak. Yang bermasalah tu di ikannya, mungkin kena penyakit. obat nya tergantung penyakit dan dosis harus tepat. Kalo perlu dosis pengobatan silakan irim email ke solusikolam@yahoo.com

      • mastilla says:

        Saya mau tanya dong kemarin saya beli ikan koi.saya liat ikan yg baru saya baru beli menyendiri,saya kasih makan tdk mau namun ikan yg lain dikasih makan diserbu.saya melihat ikan tersebut saya ambil & saya kembalikan kepedagangnya.pedagangnya mau menukar dengan koi yg lain. Saya masukan jadi satu dengan ikan koi yg lain trs keesokan harinya ikan yg saya sudah tukar itu mati dan berderet ikan koi saya yg lain jadi mati. Satu persatu ikan koi saya yg sehat itu mati tanpa sebab,ada jg yg badannya kemerahan,badannya berubah jd pucat dan juga tdk mau makan. Saya binggung hrs bagaimana ya?.obat apa yg harus saya kasih agar ikan koi saya kembali sehat?terima kasih tolong kasih sarannya dong

  4. Jerry R M Bala says:

    Terimalah info yg sangat membantu ini. Saran aku, alangkah bagusnya kok cara yg bisa membantu sesama pencinta kolam atau pemelihara ikan koi ini dipublikasikan contoh bisa ditarik di media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Terimalah

  5. Jerry R M Bala says:

    Terimakasih buat info yg sangat membantu ini. Saran aku, alangkah bagusnya klu cara yg bisa membantu sesama pencinta kolam atau pemelihara ikan koi ini, dipublikasikan contoh bisa dimuat di media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Terimalah

  6. alam says:

    mau tanya kalo bawang putih nya gak d.campur ke pakan tp lngsung ke kolam gimana ya? nisa atau tidak? kalo bisa dosisnya seberapa?

  7. mario says:

    dosis ipb 50gr per 100ml air lalu disemprotkan, itu dismprotkan semua sampe abis ke pelet yg hendak di taburkan dalam artian sekali kasi pakan kah itu dosisnya? atau bole disemprotkan secukupnya per tiap kali pakan???

  8. mario says:

    pembuatan cairan ini apa bisa lgs sekaligus banyak??? lalu disimpan di lemari es misalnya. spy tdk tiap hari buat.

    • Solusi Kolam says:

      Paling mudah beli bubuk bawang putih pak, saat mau bikin baru diencerkan, jadi tidak disimpan basah dan lebih praktis

  9. mario says:

    iya betul juga bubuk ya. tp yg sy msh bingung nih pak, 1 adonan 50gr/100ml air itu apakah disemprotkan habis ke pakan salam 1x pakan atau gimana pak?
    selama ini sy hny semprotkan secukupnya saja, sisanya sy simpan di kulkas, sy pake sampe beberapa hari gitu baru abis.

  10. Solusi Kolam says:

    Jangan khawatir, pak. Ikan koi ga makan 1 minggu pun ga akan mati kelaparan. KOI belum mau makan karena kondisi yang baru, nanti kalo sudah nyaman dia akan bersemangat. Kalo tips dari saya bisa coba pake Bactery Starter, kami juga jual pak kalo perlu, hub aja CS kami mas Adri, beli bactery starter harga nya 50 rb dan 80rb

  11. nana says:

    malam semuanya penggemar ikan koi… ikan koi ane pertama sehat terus suka loncat dan gesek2 ke kolam” atau kata lain kena kutu” samapai saat ini udah ada yang mati 8 semua ikan terkena udah di kasih kutubles ikutin tatacara yang di kasih toko.. terus beberap hari kemudian kasih helbayo… tapi udah seminggu ko ikannya masih gesek2 ke kolam dan sampai sekrng blum di kasih makan…. mnta saran2nya donk

  12. KOLAM IKAN KOI says:

    Mohon Sarannya
    (memang sudah setahun tapi harap dijawab)

    Saat Ayah saya pergi ke medan selama 10 hari, saya, ibu dan adik saya dirumah menjaga kolam ikan. setelah 9 hari, ada 4 ikan koi saya mati. saya sudah coba kasih Garam tapi tidak ada hasil. Ikan saya pucet, sering berenang di permukaaan air, berlendir, dan lain lain. Apakah saya harus coba formula bawang putih? saya juga baca kalau jintan hitam juga berkhasiat, tolong sarannya ya..

  13. Aksa koi says:

    Sdh saya uji coba ke ikan koi yg terkena aeromonas dan khv, hasilnya sgt memuaskan dgn tingkat keberhasilan 90 %. Aksa koi blitar.

  14. chan says:

    Mas bro saya mau tnya. Ikan koi yg masuk kriteria high class tu yg warna ny ap mas dan jenis corak ditubuh ikan ny.

  15. Jake Yunan says:

    kalau boleh tau.. kolam ikan koi bagusnya di luar ruangan apa di dlm ruangan ya? soalnya klu musim ujan gni byk yg trserang penyakit jamur walau udah saya ksh obat anti jamur. saya pgn buat buat kolam yg gx trkena air ujan / sinar matahari langsung.. sarannya gmn ya kawan semua pencinta koi?

  16. Ida Bagus Gede Adnyana says:

    Saya baru beli ikan koi sebanyak 12, awalnya mrk bergerak lincah.. ada 2 ikan yg loncat, saya masukan lagi, beberapa saat ikan diem ngumpul didasar kolam, kelihatan seperti sudah mati. seyelah lewat sehari dikasi makan lsg nyerbu mrk lsg lincah, kemudian beberapa saat lagi dibawah walaupun kadang kadang bergerak juga… apa ikan saya kena penyakiy atau apa? mohon solusinya terimakasih..

  17. sukarta says:

    Mau tnya bos,ikan koi saya bnyak ada hewan2 kecil ky kutu di badannya,,mungkin itu yg bikin koi mati. Bgmna penanggulangannya yaa???

  18. indra kuuipo says:

    saya pemelihara koi pemula,pakan bagaimana yg cocok diberi untuk koi ada yg besar,sedang dan yg kecil sekali dalam satu kolam??/

  19. iqbal says:

    Pak mau tanyak pak masalah ikan koi
    saya kan pnyak ikan koi pak ada yg betina dan ad yg jantan
    pada suatu ketika betinax perutx besar dan mau ngeluarin telurx pak
    tetapi telurx kok g pernah jadi ya pak
    mohon infox
    udah saya cobak berbagai cara tp tetep aja pak

  20. tanto says:

    Malam pak..saya ada koi d kolam skrg koi saya kmren ada yg mati air berbusa..trus insang putih atau bercak2 hitam.ikan sering loncat juga.gmn solusi biar penyakit itu g menular yg lain dan koi pulih.terima kasih

  21. Ishan says:

    Koi saya kena jamur sudah beberapa obat coba namun jamurnya tetap nempel di ikan
    mohon saran obat apa yang harus saya berikan
    Ikannya dalam kolam ukuran
    L1.5 m p 1m T 80 cm

  22. Rama says:

    Sya mau beli ikan koi nih kak….agar koi tak mati saat baru di pindah ke kolam kolamnya harus sya apain ya….takut mati…
    Secara sya belinya mahal

  23. Indra says:

    Sy bru buat kolam yg ukurannya 200x150x65, stlh jdi kolamnya sy kuras berulg” kali, stlh itu sy veli ikn koi dn lgsg mzukin ke kolamnya, nmun neberapa hari kmudian iknnya awalnya menyendiri dn lma” jdi mati satu pr satu, duuh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp
Penunjuk Arah