Kolam Koi Bpk. Jusak – Jakarta Barat

Awalnya Bpk. Jusak menggunakan Trickle Filter 4 Susun Small. Namun seiring dengan bertambahnya ukuran ikan dan keinginan untuk beli ikan lagi, maka kebutuhan filter pun meningkat. Untuk mengimbangi kebutuhan filter tersebut Bpk. Jusak memutuskan untuk upgrade filter menjadi Trickle Filter JUMBO 4 Susun.

Bpk.Jusak secara rutin mengukur parameter utama air kolam. Salah satu yang menjadi patokan adalah terutama kadar nitrit. Kadar nitrit yang rendah menunjukkan bahwa proses biologis – penguraian ammonia menjadi nitrit dan nitrit menjadi nitrat sudah efektif. Angka Nitrit yang ideal untuk kolam koi adalah 0 mg/liter. Angka tersebut menunjukkan bahwa filter berhasil mengurai ammonia dan nitrat, sehingga ikan KOI bisa hidup dengan sehat dan pertumbuhannya bagus. Berikut hasil-hasil pengukuran nitrit yang dilakukan dalam beberapa periode:

0 thoughts on “Kolam Koi Bpk. Jusak – Jakarta Barat

  1. ida dee benyal says:

    assalamu’alaikum….
    Sy pemula dlm memelihara koi. Kolam sy 80 x 300 cm, mnggunakan filter trckel 4 susun yg kecil. Hasilnya kolam sll jernih.
    Yg ingin sy tanyakan, test Nitrit itu utk apa yaa? Bgmn caranya?
    Trims utk perhatiannya.

    • Solusi Kolam says:

      w’kum salaam 😀
      nitrit itu adalah zat yang tersisa dari hasil penguraian ammonia oleh filter trickle. Nitrit tidak berbahaya kecuali dalam kadaryang sangat tinggi, dengan melakukan ganti air rutin 10-20 tiap 2 minggu juga sudah cukup mengurangi kadar nitrit. Untuk mengujunga bisa pake nitrit tester, biasanya merk nya Sera ada di toko2 aquarium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp
Penunjuk Arah