Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi

Manfaat Bawang Putih Untuk KOI

Siapa sangka jika bawang putih dapat menjadi tonik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi terhadap penyakit. Bawang putih sudah dikenal sebagai antibiotik alami untuk penyakit manusia. Namun bawang putih untuk ikan koi dapat dimanfaatkan untuk pencegahan penyakit pada ikan hias khas kolam tersebut. Konon penggunaan bawang putih telah dilakukan oleh para pembudidaya tambak udang yang ada di lampung (TROBOS, 01 April 2007).

Bawang putih telah diketahui sebagai tanaman obat yang bisa menangkal/menyembuhkan banyak penyakit. Seperti halnya TBC, influenza, antidiabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati luka bakar, rematik, mencegah keracunan hati, antikolesterol, dan sebagainya. Bahkan juga berkasiat mencegah penyakit kanker.

Sehingga masuk akal jika bawang putih juga dapat dijadikan sebagai antibiotik alami bagi hewan atau ikan KOI. Bahan atau kandungan dalam bawang putih yang disebut allicin mampu secara efektif membunuh kuman atau bakteri. Disamping itu bawang putih juga mengandung sativine yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan.

 KHV vs Bawang Putih

Salah satu penyakit koi yang cukup mematikan adalah Koi Herpes Virus (KHV). Penyakit ini bersifat akut dan ganas serta dapat menyebabkan kematian ikan secara massal dalam waktu yang relatif singkat.

Ternyata ikan-ikan koinya mati akibat penyakit KHV yang disebabkan virus. Ironisnya penyakit ini belum ada obatnya dan penanggulangannya hanyalah dengan mencegah.

Untunglah, uji coba yang dilakukan di IPB kemudian menunjukan bahwa menggunakan bawang putih untuk meningkatkan daya tahan ikan kesayangannya terhadap penyakit KHV. Caranya adalah dengan  membuat formula pakan tonik bawang putih untuk ikan koi, dengan mencampurkan sari bawang putih pada makanan koi.

Ternyata pakan tonik bawang putih untuk ikan koi tersebut terbukti ampuh. Kematian ikan berkurang, malah tampak lebih sehat dari sebelumnya. Air kolam yang sebelumnya dipenuhi busa akibat lendir ikan yang sakit sudah kembali jernih .

 Pembuatan Pakan Bawang Putih Untuk Ikan Koi

Untuk membuat pembuatan pakan bawang putih untuk ikan koi pada dasarnya cukup mudah. Bawang putih yang telah dikupas, dicampur air kemudian diblender. Cairan yang dihasilkan disaring untuk memperoleh sari dan memisahkannya dari ampas.

Untuk takaran atau perbandingan bawang dengan air, berdasarkan hasil penelitian di IPB, idealnya adalah 50 gram/100 ml air sampai dengan 70 gram/100 ml. Jika melebihi ukuran tersebut dikhawatirkan formula ini tidak berkerja dengan efektif.

Setelah itu sari bawang tersebut disemprotkan ke pakan ikan kemudian dianginkan agar menyatu dengan pakan. Setelah kering maka pakan siap diberikan kepada ikan.

Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari jika sudah ada ikan yang terkena sebelumnya. Namun untuk pencegahan cukup 1 kali seminggu. Meskipun demikian untuk frekuensi pemberian pakan ideal, sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Penggunaan pakan ini juga mampu meningkatkan daya tahan ikan terhadap penyakit lainnya. Cukup dengan biaya murah, antibiotik dan tonik alami dapat diracik dengan mudah dengan memanfaatkan bawah putih. Dan ikan koi peliharaan menjadi sehat terhindar dari penyakit.

Untuk pengobatan ikan yang lebih lanjut, selain dari pakan juga bisa dibantu oleh pengobatan ikan melalui treatment di air kolam nya. Salah satu cara pengobatan yang dilakukan di kolam adalah pengobatan Ikan Koi menggunakan Garam. Silakan cek artikel berikut: Penggunaan Garam sebagai obat untuk Ikan KOI

 

Artikel Terkait

26 Responses to “Mengenali Gejala Koi Sakit”

  1. heri ashari

    saya mau tanya tentang gejala gejala yang di alami oleh koi di atas.. bagaimana cara menanganinya..? soalnya ikan saya ada yang mengalami hal hal yang tertulis di atas… terima kasih

    Balas
  2. bilie

    bentuk bercak2 merah itu seperti apa? apakah seperti jerawat/bisul.

    ikan matsuba saya warna gold tp ada bercak merah cm bentuknya tdk sperti jerawat/bisul.

    selain bercak merah, kondisinya normal.

    Balas
      • bilie

        gejala2 di atas itu kumulatif atau 1 saja terpenuhi berarti koi sedang sakit?

        mengobati bercak merah bagaimana? termasuk penyakit menular?

        Balas
  3. denver mindo

    Ikan koi saya akhir akhir ini ,banyak yg mati mendadak ,dan sisanya terlihat tidak nafsu makan ,terus tidak bergerak lincah ,bagaimana solusinya .tolong bantuannya

    Balas
  4. elvy Depok

    Kolam ikan saya adanya di dalam rumah sehingga tidak terkena sinar matahari, bagaimana menyikapi hal tersebut supaya ikan tetap sehat? tks

    Balas
    • Solusi Kolam

      Ga masalah om,
      KOI ga membutuhkan sinar matahari se fatal itu..paling ke warna nya aja pengaruhnya.

      Balas
      • aliffifgroup

        Ikan koi saya banyak yg terkena penyakit di bagian punggung om da sperti kapas warna putih.itu cara pengobatan gmana om.dan mau tanya larutan monofuracin itu apa ya om.supaya saya tau lebih banyak lg tentang koi

        Balas
  5. Mahendra

    Misi, Om…

    Koi saya barusan mati 1 ekor (ukuran 15 cm), tanpa ada sebab sebab yang jelas. Kondisinya sehat, sore masih lahap makannya… Tiba tiba aja barusan udah tenggelam, saat saya ambil, dia bergerak refleks dan saya pindahin ke bak karantina. Sekarang kondisinya lemas dan terapung.

    Kira kira kenapa itu ya? mohon pencerahannya agar tidak menyebar ke koi yang lain…

    Balas
    • Solusi Kolam

      Ada gejala baru ga om, misalnya ada ikan baru masuk, atau ada kejadian baru2 ini ?

      Balas
      • mahendra

        Ada ikan baru masuk hari Sabtu, tapi sudah di karantina di tempat penjual.

        Ada 1 ekor chagoi saya bagian punggung dekat sirip ada ada luka 1 titik, baru keliatan hari Senin kemarin. Kenapa kira kira itu? Solusi pengobatannya bagaimana?

        Oh iya, saya pake trickle filter small, kalo misal box no 1 saya taruh tanaman air, kira kira berpengaruh sama oksigen di airnya ngga? Bukannnya tanaman juga akan menyerap oksigen di airnya?

        Terima kasih

        Balas
        • Solusi Kolam

          Hmm..kadang karantina di tempat penjual kita ga tau juga, apakah dia karantina nya sudah prosedur yang benar. Dipantau aja dulu, om kalo mulai gejalanya ga makin baik, bisa konsultasikan tar kita kasi dosis pengobatan. kirim email aja ke solusikolam@yahoo.com

          Kasi tumbuhan di atas ga masalah om. dengan trickle filter oksigen berlimpah ga akan kekurangan 😀

          Balas
          • Mahendra

            Maap Oom, baru buka lagi…

            Chagoi saya udah sembuh, dikarantina pake Biotik dioleskan dan dilarutkan.

            Saya email sekalian ya Om, minta dosis pengobatan…

            Makasih, Om…

  6. novita

    sy baru memelihara koi mau tanya nih kenapa koi yg baru sy beli dan dimasukkan kekolam tidak mau berenang hanya diam didasar kolam,ada 8 ekor koinya dan kalo dikasih makan ikannya takut2 utk makan dan dihari kedua dan seterusnya ikan selalu didasar kolam dipancing kasih makan ikan tidak mau naik keatas kenapa ya? ini hari keempat saya memelihara koi, tolong dijawab ya…

    Balas
    • Solusi Kolam

      Kalo saran saya sabar aja, masih hari ke 4. Saya pernah sampe 2 minggu gitu terus, hheeehe
      Biasa ikan malu2 itu. ada faktor kolam baru ada juga faktor lingkungan yang belum memadai. misalnya airnya penuh dengan ammonia dari kotoran ikan. Kalo ini yang terjadi mengaplikasikan filter akan sangat membantu. Menambah kadar oksigen di kolam juga bikin ikan lebih aktif.

      Nah kalo semua udah normal tapi masi juga gitu, ada strategi lain yaitu tambah ikan yang memang sifatnya ga tau malu. Biasanya ikan jenis chagoi dikenal sebagai ikan yang lebih agresif. dengan demikian ikna2 lain akan ikut karena punya leader yaitu chagoi tadi.

      Balas
  7. budi

    Ikan koi saya 3 hari yg lalu makan kardus kemudian gak mau makan bahkan ada yang suka bergerak secara mendadak kayak kaget gitu dan makannya suka dikeluakan lg gak ditelen, kmd sy ganti air dan sy kasih garam serta vitamin sekarang lumayan cuma jadi penakut dan suka gosokkan badannya kedasar kolam……. nah yg sy tanya kenapa kok semua suka gosokkan badannya ke kolam dan makannya masih takut takut ya….

    Balas
  8. Bambang Pramono Sidik

    Oom!! saya pelihara KOI dikolam kecil 1m X 2m….KOI saya jenis kohaku dan showa Blitar ktnya yg jual, bibit sih dari Impor….berjalan 2bulan koi tsb sehat2….krna 2 hr sekali saya kasih garam dapur proposional sih ngasihnya!… sihingga penyakit kapas sudah tdk ada lagi, tapi akhir2 ini ada ( seekor koi yg bagus lagi ) seperti gejala menyendiri dan kurang nafsu makan…tapi masih hidup!
    apakah krna kolam kekecilan?….isi KOI ada 12 ekor 6 ukuran 20-25 cm sisanya 15-20 cm bgmna OOM solusinya agar ikan tsb ceria lagi spt yg lain…makasih ya OOM atensinya,
    salam

    Balas
    • Solusi Kolam

      Pertama yang perlu diperhatikan tentu sistem filternya, apakah sudah oke atau belom. Kalo belom maka ikan akan terus2an sakit karena kondisi air yang buruk mengakibatkan penyakit berdatangan.
      Kalo penyakit pengobatan yang saya rekomen ada 2 yaitu dengan garam dan dengan antibiotik tetra. Untuk resep ttra silakan email aja ke email kami tar saya kasi cara pakai dan dosis nya.

      Balas
      • m.agud

        Maaf pak mau tanya, berapa banyak garam yg di masukan kolam per ukuran kolam? Thanks infonya pak..

        Balas
  9. Mhat Alhasni

    mohon informasinya om, ikan koi saya kenapa insang nya sebelah tertutup terus dan tidak mau makan, katanya sich di obat dengan garam, tapi untuk takarannya gimana om..?
    terima kasih.

    Balas
  10. ratna

    1.Ikan koi sy tampak sehat dri luar. Badannya proporsional. Sy periksa di badan luar tidak ada jamur atopun cacing. Ketika mati sy cb bedah tyta ada luka di seperti empeduny.

    2. Ada jg ikan yg badannya memerah. Tidak mau makan. Cenderung diam.

    3. Di dalam kolam jg ada ikan mas yg sudah sy pindah krn badan luar/sisiknya spt jamur.

    Tolong bantuannya dan apa obatny

    Balas
    • Solusi Kolam

      Hal yang Anda paparkan diatas adalah hanya gejala nya. Yang mesti di lacak, sebetulnnya adalah sumber masalah nya. Ada dua faktor dasar jika ada gejala tidak normal pada ikan atau kolam:

      1. Ada ikan bawa penyakit (bakteri), biasanya kalo ada ikan baru masuk
      2. Kondisi air kolam yang buruk. Biasanya ini karena sistem filter (filter kolam-pompa) ga pas sama volume kolam, pemberian pakan dan populasi ikan.

      Kalo yang terjadi No.1 (dan sistem filter sudah memadai) maka diperlukan pengobatan sesuai penyakitnya. Kalo bakteri biasanya dikasi antibiotik, kalo yang hanya gejala ringan masih bisa tritment Garam.
      Kalo yang terjadi No. 2 maka Sistem Filter Kolam terlebih dulu harus diperbaiki. Setelah itu baru ditanggulangi gejala sakit fisik nya.

      Untuk mengetahui penyebab dari masalah yang terjadi di kolam nya, Berikut prosedur yang disarankan untuk observasi apabila ada Gejala yang tidak biasa pada Ikan atau kondisi kolam.

      Tips selengkapnya untuk prosedur observasi kolam bisa dilihat di artikel berikut:

      Prosedur Pertama Apabila Terjadi Gejala Sakit Pada Ikan Koi

      Thanks

      Balas

Tulis Komentar Anda

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>