Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi

Siapa sangka jika bawang putih dapat menjadi tonik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi terhadap penyakit. Bawang putih sudah dikenal sebagai antibiotik alami untuk penyakit manusia. Namun juga dapat dimanfaatkan untuk pencegahan penyakit pada ikan hias khas kolam tersebut. Konon penggunaan bawang putih telah dilakukan oleh para pembudidaya tambak udang yang ada di lampung (TROBOS, 01 April 2007).

Bawang putih telah diketahui sebagai tanaman obat yang bisa menangkal/menyembuhkan banyak penyakit. Seperti halnya TBC, influenza, antidiabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati luka bakar, rematik, mencegah keracunan hati, antikolesterol, dan sebagainya. Bahkan juga berkasiat mencegah penyakit kanker.

Sehingga masuk akal jika bawang putih juga dapat dijadikan sebagai antibiotik alami bagi hewan atau ikan. Bahan atau kandungan dalam bawang putih yang disebut allicin mampu secara efektif membunuh kuman atau bakteri. Disamping itu bawang putih juga mengandung sativine yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan.

 KHV vs Bawang Putih

Salah satu penyakit koi yang cukup mematikan adalah Koi Herpes Virus (KHV). Penyakit ini bersifat akut dan ganas serta dapat menyebabkan kematian ikan secara massal dalam waktu yang relatif singkat.

Ternyata ikan-ikan koinya mati akibat penyakit KHV yang disebabkan virus. Ironisnya penyakit ini belum ada obatnya dan penanggulangannya hanyalah dengan mencegah.

 

Untunglah, uji coba yang dilakukan di IPB kemudian menunjukan bahwa menggunakan bawang putih untuk meningkatkan daya tahan ikan kesayangannya terhadap penyakit KHV. Caranya adalah dengan  membuat formula pakan tonik untuk koi, dengan mencampurkan sari bawang putih pada makanan koi.

Ternyata pakan tonik tersebut terbukti ampuh. Kematian ikan berkurang, malah tampak lebih sehat dari sebelumnya. Air kolam yang sebelumnya dipenuhi busa akibat lendir ikan yang sakit sudah kembali jernih .

 Pembuatan Pakan anti KHV

Untuk membuat pembuatan pakan anti KHV pada dasarnya cukup mudah. Bawang putih yang telah dikupas, dicampur air kemudian diblender. Cairan yang dihasilkan disaring untuk memperoleh sari dan memisahkannya dari ampas.

Untuk takaran atau perbandingan bawang dengan air, berdasarkan hasil penelitian di IPB, idealnya adalah 50 gram/100 ml air sampai dengan 70 gram/100 ml. Jika melebihi ukuran tersebut dikhawatirkan formula ini tidak berkerja dengan efektif.

Setelah itu sari bawang tersebut disemprotkan ke pakan ikan kemudian dianginkan agar menyatu dengan pakan. Setelah kering maka pakan siap diberikan kepada ikan.

Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari jika sudah ada ikan yang terkena sebelumnya. Namun untuk pencegahan cukup 1 kali seminggu. Meskipun demikian untuk frekuensi pemberian pakan ideal, sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Penggunaan pakan ini juga mampu meningkatkan daya tahan ikan terhadap penyakit lainnya. Cukup dengan biaya murah, antibiotik dan tonik alami dapat diracik dengan mudah dengan memanfaatkan bawah putih. Dan ikan koi peliharaan menjadi sehat terhindar dari penyakit.

 


Artikel Terkait


20 Responses to “Bawang Putih Berkhasiat Sehatkan Koi”

  1. Nanang Hardiyanto

    Aq udah cb campurin peletx koi sm bawang putih , wortel & kuning telur om hasilx klo kuliat sih jdi ganas makanx

    Reply
    • Solusi Kolam

      Ahahaa..mungkin karena kuning telor om meningkatkan stamina koi ny..bisa dicoba buat rekan2 lain :D

      Reply
  2. joseph

    Ada yg membingungkan saya mengenai dosis IPB yg katanya 50 gram per i00 ml air kan artinya 50 gram per 0.1 liter Banyak sekali Apa bukan 50 gram per 100 l air

    Reply
  3. erwinanto

    saya ingin mencoba dulu dirumah,soalnya kolam ikan sering ada busa dan akhirnya pasti ada ikan yang mati..

    Reply
  4. agus sp

    Pak Boss, mohon saran…

    Ikan koi saya belakangan (masuk pergantian musim) terkena penyakit, dgn gejala suka “salto” dan meloncat.

    Saya sdh gunakan demilin, redmilin namunblm ada hasilnya.
    Mohon saran dan petunjuk.

    Trims & wass

    Agus sp

    Reply
    • Solusi Kolam

      Pergantian musim secara umum ga masalah pak. Yang bermasalah tu di ikannya, mungkin kena penyakit. obat nya tergantung penyakit dan dosis harus tepat. Kalo perlu dosis pengobatan silakan irim email ke solusikolam@yahoo.com

      Reply
      • mastilla

        Saya mau tanya dong kemarin saya beli ikan koi.saya liat ikan yg baru saya baru beli menyendiri,saya kasih makan tdk mau namun ikan yg lain dikasih makan diserbu.saya melihat ikan tersebut saya ambil & saya kembalikan kepedagangnya.pedagangnya mau menukar dengan koi yg lain. Saya masukan jadi satu dengan ikan koi yg lain trs keesokan harinya ikan yg saya sudah tukar itu mati dan berderet ikan koi saya yg lain jadi mati. Satu persatu ikan koi saya yg sehat itu mati tanpa sebab,ada jg yg badannya kemerahan,badannya berubah jd pucat dan juga tdk mau makan. Saya binggung hrs bagaimana ya?.obat apa yg harus saya kasih agar ikan koi saya kembali sehat?terima kasih tolong kasih sarannya dong

        Reply
  5. Jerry R M Bala

    Terimakasih buat info yg sangat membantu ini. Saran aku, alangkah bagusnya klu cara yg bisa membantu sesama pencinta kolam atau pemelihara ikan koi ini, dipublikasikan contoh bisa dimuat di media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Terimalah

    Reply
  6. herman rutnol

    Betul Sekali itu brooo,sari bawang putih sangat manjur lho,krn itu rutinitas saya.

    Reply
    • Solusi Kolam

      Mantap om, semoga hobi memelihara ikan koi nya makin seru dan menyenangkan :D

      Reply
  7. alam

    mau tanya kalo bawang putih nya gak d.campur ke pakan tp lngsung ke kolam gimana ya? nisa atau tidak? kalo bisa dosisnya seberapa?

    Reply
  8. mario

    dosis ipb 50gr per 100ml air lalu disemprotkan, itu dismprotkan semua sampe abis ke pelet yg hendak di taburkan dalam artian sekali kasi pakan kah itu dosisnya? atau bole disemprotkan secukupnya per tiap kali pakan???

    Reply
  9. mario

    pembuatan cairan ini apa bisa lgs sekaligus banyak??? lalu disimpan di lemari es misalnya. spy tdk tiap hari buat.

    Reply
    • Solusi Kolam

      Paling mudah beli bubuk bawang putih pak, saat mau bikin baru diencerkan, jadi tidak disimpan basah dan lebih praktis

      Reply
  10. mario

    iya betul juga bubuk ya. tp yg sy msh bingung nih pak, 1 adonan 50gr/100ml air itu apakah disemprotkan habis ke pakan salam 1x pakan atau gimana pak?
    selama ini sy hny semprotkan secukupnya saja, sisanya sy simpan di kulkas, sy pake sampe beberapa hari gitu baru abis.

    Reply
  11. yoppy

    Ikan saya baru beli. Sampai skrg tidak mau makan sudah 2 bulan. Karna tidak makan apa bisa langsung dikarantina dan dicampur air bawang putih tadi? Bbrpa koi ikut tdk mau makan sampai hampir semua 20 koi saya. Saya coba tambah perbaiki filtrasinya kini tinggal 4 koi yg masih blm mau makan termasuk koi baru beli tadi. Mohon solusi. Thks

    Reply
    • Solusi Kolam

      Jangan khawatir, pak. Ikan koi ga makan 1 minggu pun ga akan mati kelaparan. KOI belum mau makan karena kondisi yang baru, nanti kalo sudah nyaman dia akan bersemangat. Kalo tips dari saya bisa coba pake Bactery Starter, kami juga jual pak kalo perlu, hub aja CS kami mas Adri, beli bactery starter harga nya 50 rb dan 80rb

      Reply

Tulis Komentar Anda